Bagaimana Menguntungkan Bisnis Anda dengan 7 Manfaat Toko Online

Bagaimana Menguntungkan Bisnis Anda dengan 7 Manfaat Toko Online

Situs berbelanja online saat ini sudah sangat booming. Faktanya dapat kamu lihat, mungkin kamu salah satu dari banyak orang yang memilih berbelanja secara online. Dengan memanfaat toko online di luar sana.

Dalam kehidupan modern yang sibuk sekarang ini, belanja online menjadi opsi nyata yang menguntungkan. Di saat kamu membutuhkan sesuatu, kamu dapat membelinya secara online dan dikirim langsung ke rumah. Sangat memudahkan bukan?

Jadi untuk kamu yang ingin mendirikan bisnis e-commerce atau menambahkan situs toko online sendiri. Bisa melihat bagaimana toko online menguntungkan bisnis mu.

7 Manfaat Toko Online untuk Bisnismu!

Biaya Overhead yang Rendah

7 Manfaat Toko Online untuk Bisnismu!

Umumnya, menjalankan sebuah toko online memiliki biaya lebih murah dalam menyiapkan dan pengoperasiannya. Tentu saja ada biaya lain seperti membayar domain, hosting website, dan biaya platform jika menggunakannya.

Saat mulai membuka situs web, mungkin kamu akan memerlukan oustsourcing seperti pengembangan situs, pembuatan merk dagang, menjalankan digital marketing, dan konten website mulai dari artikel dan photography.

Jika kamu pertama kalinya membuat produk dan baru dipasarkan secara online. Ada baiknya memulai beberapa uji perdangan di lingkungan yang tekanannya relative rendah.

Tak Terbatas oleh Wilayah

Toko fisik atau toko offline yang tidak menjual produknya secara online sangat terbatas secara geografis. Toko fisik hanya menarik orang dalam wilayah tertentu yang lebih sempit. Namun, jika perusahaan yang  menjual secara online produknya, perusahaan tersebut dapat mendapatkan manfaat dari memasok ke wilayah yang luas. Menjangkau target pasar secara nasional bahkan global.

Tersedia 24/7

Sebagian besar toko online membuat system pemesanan dan pembayaran yang dapat berjalan secara otomatis. Memungkinkan para pelanggan untuk dapat berbelanja di jam bebas. Manfaat toko online ini sendiri sama-sama menguntungkan bagi konsumen dan penjual.

Konsumen dapat berbelanja secara nyaman dan dapat menelususri dan berbelanja kapan pun mereka mau. Dan untuk penjual dapat dengan mudah menyiapkan produk. Baik penjual maupun pelanggan tidak dibatasi oleh jam buka yang ditetapkan.

Terdapat penelitian yang dilakukan oleh Retail Therapy Week di tahun 2017. Penilitian ini mengatakan b ahwa berbelanja online paling popular dilakukan di hari senin pada jam 1 siang hingga 8 malam.

Contohnya seperti website toko alat safety rianjayasafety.com ini. Kamu dapat dengan nyaman mencari-cari produk tanpa adanya Batasan waktu dan wilayah. Kamu bahkan dapat mendukasi diri terlebih dahulu dengan membaca konten-konten tentang produk yang bersangkutan. Seperti toko alat safety yang membahas APD untuk kontruksi, dan mengapa kontruksi masuk dalam pekerjaan berbahaya. Sangat fleksibel bukan?

Update dan Penawaran yang Fleksibel

Manfaat toko online adalah dapat diperbarui kapan pun kamu mau, dengan sedikit atau bahkan tanpa biaya. Hal-hal seperti menambahkan produk-produk baru, mengatur ulang katalog toko, menyiapkan flash sale, bahkan menawarkan diskon.

Jika kamu bandingkan dengan toko fisik, kemungkinan besar harus melakukan perencanaan sebelum peluncuran produk baru dan event-event sale seperti mencari bahan cetak untuk di dalam toko, membuat ruang di toko untuk memperkenalkan produk baru atau barang diskon. Pada toko fisik, banyak yang perlu dikelola disbanding dengan toko online.

Mengakses untuk Analisis

Pada toko online yang menggunakan situs website, memungkinkan kamu untuk mengakses lebih banyak informasi penggunaan seperti:

  • Pada jam berapa atau hari/minggu/bulan situs web kamu ramai traffic
  • Dari mana kunjungan situs-mu berasal (contohnya; penelusuran, media social, iklan)
  • Secara wilayah di mana situs kamu banyak di kunjungi
  • Produk dan halaman mana yang paling banyak traffic
  • Jam berapa hari/minggu/bulan kamu menerima paling banyak pesan

Informasi-informasi seperti yang disebutkan di atas dapat kamu gunakan untuk tingkatkan strategi pemasaran bisnismu. Kamu dapat menargetkan individu dengan selera dan kebiasaan yang sama secara efisien. Kamu dapat menggunakan alat gratis, seperti Google analytics atau Google MyBusiness untuk membantu kamu dalam menganalisis pengunjung website.

Baca juga: Asisten Media Sosial

Pengeluaran untuk Pemasaran yang Efesien

Mengandalkan iklan digital bisa jauh lebih hemat biaya daripada iklan cetak. Pay-Per-Click atau PPC ditujukan dengan menargetkan pelanggan potensial yang terbukti secara online, daripada mengandalkan iklan yang kurang bertarget dan menyeluruh seperti selebaran atau iklan cetak.

Penggunaan PPC begitu menguntungkan dan menrgetkan pasar secara tepat, memberi akses ke banyak data penggunaan.

Tidak Perlu Menghadapi Pelanggan Secara Fisik

Ada keadaan yang rumit di saat mengoperasikan tempat yang secara langsung menghadap ke public. Tak hanya harus mengedepankan yang terbaik dan menciptakan merek yang ramah bagi pengunjung. Ada kemungkinan kamu harus menghadapi situasi di mana terdapat pengacau, bahkan terjadinya kekerasan. Ada juga masalah menyangkut Kesehatan dan keselamatan pelanggan yang perlu kamu pertimbangkan.

Namun, jika kamu menjalankan bisnis menggunakan toko online. Kamu tidak perlu menyediakan tempat untuk masyarakat umum. Kamu hanya perlu menyediakan tempat yang aman dan ramah untul staf perusahaanmu.

Aurarico
Saya Aura Rico, penulis yang bekerja di salah satu agency SEO di Jakarta Selatan