Trend Skincare di Indonesia: Skinimalism Paling Populer

Trend Skincare di Indonesia - Skinimalism Paling Populer
Sumber gambar: pexels.com/Ivan-Samkov

Trend skincare di Indonesia tampaknya semakin berkembang dan juga unik. Namun yang dulunya skincare terdiri dari beberapa step kini mulai bergeser. 

Tren perawatan wajah memang semakin populer pada saat produk-produk skincare dari Korea Selatan mulai marak di Indonesia. Jika kamu ingat, dulu sebelum banyak produk aloe vera ada di pasaran lokal, brand dari Nature Republik lah yang paling terkenal memproduksi produk dari lidah buaya tersebut dengan berbagai macam kegunaan. 

Seiring berjalannya waktu, produk tersebut mulai tergantikan dengan beberapa produk lokal yang juga menawarkan harga lebih murah serta fungsi yang sama. Nah, jika kamu melihat tren tersebut, itu adalah bukti bahwa skincare selalu memiliki pasarnya sendiri dan berubah-ubah. 

Apabila kamu masih ingat juga, dulu sempat banyak yang menggunakan 7-10 tahapan skincare yang juga mengikuti tren dari Korea Selatan sana. Hm, hingga pada akhirnya, keluarlah istilah Skinimalism yang mulai menyebar luas di Indonesia. Penasaran seperti apa? 

Skinimalism Menjadi Trend Skincare di Indonesia

Skinimalism Menjadi Trend Skincare di Indonesia
Sumber gambar: pexels.com/cottonbro

Bukan… Skinimalism bukan merupakan sebuah produk atau brand, kata tersebut lebih mengarah ke suatu istilah. Istilah datang dari para expert skincare yang menjelaskan bahwa pemakaian skincare lebih baik yang paling dibutuhkan oleh kulit saja. 

Bahkan ada salah satu member Quora, Prety Afrikanova (Skincare Formulator) yang menjelaskan ada beberapa produk ‘pembodohan’ di dalam dunia bisnis skincare. Seperti kandungan-kandungan yang sebenarnya tidak terlalu efektif untuk merawat kulit seperti buah semangka. 

Namun karena iklan yang cukup gempar menganggap ‘bahan alami’ adalah bahan yang paling baik untuk kulit. Pada faktanya kandungan yang ada pada produk dari buah semangka tersebut 90% adalah air.  

Selain itu, penggunaan seperti eye cream dan essence sebenarnya sama dengan kamu memakai toner dan moisturizer biasa. Bahkan bisa dibilang, kandungannya hampir serupa dan juga fungsinya yang sama-sama untuk melembabkan wajah. 

Nah, dari hal tersebutlah istilah skinimalism muncul yang merupakan suatu kegiatan minimalis dari pemakaian skincare. Jika tadinya dianggap 7-10 step skincare sangat berguna, namun karena sudah melihat faktanya hanya karena bisnis belaka, kini skinmalism banyak dilakukan. 

Bagaimana Caranya untuk Melakukan Skinmalism? 

Trend Skincare di Indonesia - Skinimalism Paling Populer
Sumber gambar: pexels.com/Ivan-Samkov

Mungkin untuk sebagian orang masih berpikiran bahwa basic skincare kurang bisa memperbaiki kondisi kulit wajah dari masalah tertentu seperti berminyak, kering, dan berminyak. Namun pada faktanya, hal tersebut hanya karena belum menemukan produk yang tepat dan cocok untuk digunakan sehari-hari. 

Jadi, kamu bisa menggunakan beberapa basic skincare yang memang dibutuhkan kulit saja seperti CTMP (cleanser, toner, moisturizer, dan protection. 

1. Cleanser

Biasanya cleanser ada 2 tahap penting yaitu sebelum cuci wajah dengan sabun, dan pada saat menggunakan sabun. Kedua tahap itu penting karena untuk memastikan bahwa wajah kamu benar-benar bersih dari kotoran debu dan juga bakteri yang menempel akibat aktivitas yang dikerjakan. 

2. Toner

Selanjutnya ada toner yang digunakan pada saat setelah mencuci wajah. Hm, pastinya kamu pernah merasakan kulit wajah kaku dan kering padahal dalam kondisi bersih. Tentu saja, dengan penggunaan toner akan mengembalikan PH wajah menjadi seimbang. Dari situlah kondisi wajah akan lebih terhidrasi dan lembab sehingga siap untuk menggunakan tahapan skincare selanjutnya. 

3. Moisturizer

Moisturizer atau pelembab ini berguna untuk menutrisi kulit wajah sehingga menjadikannya lembab, lembut, bahkan kenyal. Namun untuk pemilihan pelembab ini harus disesuaikan dengan jenis masalah kulit yang dihadapi. Karena jenis moisturizer sendiri sangat bervariasi seperti krim dan gel. Jadi tidak boleh sembarang pilih.

Saat ini sendiri, semakin banyak bisnis kosmetik yang bekerja sama dengan jasa maklon yang memproduksi berbagai varian Moisturizer dengan keunggulannya tersendiri.

4. Protection

Pastinya kamu pernah merasakan tidak nyaman di siang hari saat terkena sinar matahari yang panas. Nah, hal tersebut jika dibiarkan akan menjadikan wajah kusam bahkan menimbulkan masalah lain seperti berminyak dan jerawat. Untuk itu, sunscreen sangat kamu perlukan untuk melindungi kulit wajah supaya tidak timbul masalah yang tidak diinginkan. 

Jadi seperti itulah skinmalism yang menjadi trend skincare di Indonesia saat ini. Sudah banyak wanita yang merasakan efeknya, terlebih dalam hal keuangan karena mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli 7-10 produk skincare. 

Jangan lupa untuk selalu mengikuti blog thesection untu mendapatkan lebih banyak info menarik lainnya dari kami. Terima kasih telah membaca.

Aurarico
Saya Aura Rico, penulis yang bekerja di salah satu agency SEO di Jakarta Selatan