7 Faktor Penting Kenapa Website Tidak Muncul di Google & Cara Mengatasinya

kenapa website tidak muncul di Google

Kenapa website tidak muncul di Google? Jika Anda memiliki pertanyaan itu, maka artikel ini mungkin bisa menjadi jawabannya.

Saya akan berbagi pengalaman dan mengutip dari beberapa sumber yang kredibel. Jadi teruslah membaca untuk mengetauhi faktor-faktor penyebab situs Anda tidak muncul di mesin pencari.

Untuk memastikan, tahap awal, uji apakah situs Anda telah diindeks? Caranya sederhana, Anda cukup mengetaik URL persisnya atau nama domainnya tanpa kata lain (mis .: http://www.yourdomain.com).

Untuk hasil yang spesifik, Anda juga dapat menggunakan rumus ini; site:https://thesection.net/ di kotak penelusuran.

Kenapa website tidak muncul di Google
Gambar ini menunjukkan bahwa situs Anda berada dalam indeks Google.

Dan berikut adalah contoh situs yang tidak berada dalam indeks Google

Contoh hasil test website tidak muncul di Google

Jika situs Anda tidak muncul dalam hasil penelusuran Google, seperti gambar kedua tersebut, maka kita akan melangkah lebih lanjut. Mencari lebih jauh faktor penyebabnya.

Tapi sebelum itu, berikut beberapa fakta penting terkait kemunculan website di Google.

Mengapa Peringkat Penelusuran Itu Penting

Sebagian besar orang tidak mengeklik melewati halaman pertama hasil pencarian . 

Menurut studi ini , daftar teratas dalam hasil pencarian organik Google menerima 33 % lalu lintas, dibandingkan dengan 18 persen untuk posisi kedua, dan lalu lintas terus menurun dari sana.

Jadi, tidak cukup hanya situs Anda diindeks oleh Google , Bing , dan Yahoo. Anda perlu untuk mengejar peringkat lebih baik, jika ingin mendapat traffic dalam jumlah tinggi.

Kenapa Website Tidak Muncul di Google dan Peringkat

Google itu sangat rumit. Inilah yang mungkin mencegah situs Anda muncul di hasil penelusuran:

  1. Google belum mengindeks situs Anda (penyebab utamanya mungkin masih terlalu baru)
  2. Situs web Anda tidak dioptimalkan untuk perayapan mesin telusur
  3. Kata kunci target Anda sangat kompetitif
  4. Situs web mungkin di setting dengan tag “no indeks”
  5. Situs web Anda telah dihukum dan dihapus dari Google

Di bawah ini adalah alasan umum (secara rinci) mengapa situs Anda ( WordPress , Wix , dan Squarespace ) tidak diberi peringkat, dan tentunya, tips bagaimana cara muncul di penelusuran Google:

1. Google belum mengindeks situs Anda

Terkadang mesin pencari membutuhkan waktu seminggu atau lebih untuk memperbarui hasil pencarian. Ini karena situs web Anda masih sangat baru dan tidak memiliki backlink apa pun.

Backlink adalah tautan yang masuk dari situs lain. Dan tautan adalah jalur yang digunakan robot crawler Google untuk menelusuri setiap halaman web yang ada di dunia.

Solusinya;

Pertama, buat akun di alat webmaster Google. Melalui alat ini, Anda dapat meminta Google melakukan crawling dengan cara inspeksi URL.

Setelah mendaftar, Anda dapat juga mengarahkan Google ke URL sitemap.xml. Submit sitemap penting.

Namun, karena ada begitu banyak permintaan, proses ini kadang membuat Anda harus menunggung di daftar antrian. Sehingga fitur tersebut tidak selalu langsung berfungsi (terutama jika Anda memiliki situs baru atau situs besar).

Jika Anda tidak ingin membuat akun Alat Webmaster Google, coba tautan ini untuk menambahkan url Anda ke google: http://www.google.com/addurl/

Tapi, menurut saya pribadi, Anda sebaiknya membuat akun Google Web Master Tools. Ini gunanya cukup banyak. Melalui alat ini, Anda bahkan memungkinkan mendapat banyak data untuk pengembangan situs Anda menjadi lebih sempurna.

Google tidak menambahkan semua URL yang dikirimkan ke indeks mereka, dan mereka tidak dapat membuat prediksi atau jaminan tentang kapan atau apakah URL yang dikirimkan akan muncul di indeks mereka. 

Namun jika situs web baru Anda di-crawl, biasanya perlu waktu satu atau dua minggu lagi untuk mendorongnya ke indeks. Jadi, itulah kira-kira estimasi waktu yang dibutuhkan untuk situs Anda muncul di Google.

2. Situs web Anda terlalu baru

Apakah Anda baru saja membangun dan meluncurkan situs web baru Anda? Biasanya diperlukan waktu hingga empat minggu untuk mulai menampilkannya di hasil mesin telusur. Pada beberapa kasus, jika Anda tidak melakukan apa pun, bisa lebih lama.

Meskipun kami mungkin terbiasa menampilkan sesuatu secara online dengan cepat, indeks mesin telusur bisa jadi agak lambat. Jadi tunggu dan pelajari lebih lanjut tentang algoritma mesin pencari sebelum Anda memutuskan itu adalah masalah.

3. Situs web Anda memiliki tag “no indeks”

Anda dapat menggunakan kode pengaturan untuk memberi tahu mesin telusur agar tidak mengindeks situs Anda atau laman tertentu. Jika Anda atau seseorang yang merancang situs Anda menambahkan kode ini, itu akan menjelaskan mengapa situs tidak muncul di Google.

Jika Anda membangun situs melalui wordpress, lihat pengaturuan ini. Untuk memastikan situs Anda tidak memblokir robot crawler mesin pencari. Pastingkan Anda tidak mencentang fungsi memblokir mesin pencari.

4. Situs web Anda tidak dioptimalkan untuk perayapan mesin telusur

Setelah Anda mengirimkan situs web Anda ke mesin pencari, robot crawler dikirim ke situs Anda untuk menjelajahinya untuk mendapatkan konten. Robot ini tidak melihat situs Anda seperti yang dilihat pengunjung.

Mereka memindai situs Anda untuk mencari konten dalam bahasa meta, saturasi kata kunci, konten yang relevan, dan banyak faktor lainnya.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan apa yang sebenarnya dilihat oleh mesin pencari konten di halaman Web Anda.

5. Target kata kunci Anda sangat kompetitif

Mesin pencari membantu jutaan pengguna di seluruh dunia menavigasi internet dan menemukan konten tertentu di antara miliaran situs web.

Pastikan Anda menargetkan kata kunci yang kurang kompetitif, sehingga Anda dapat menarik perhatian konsumen Anda.

Dalam hal ini, mungkin Anda perlu menargetkan kata kunci yang lebih spesifik. Sehingga tingkat persaingan menjadi lebih mudah.

6. Tidak semua kata kunci sama

Mudah untuk menentukan peringkat kata kunci yang tidak relevan di mesin pencari. Akan tetapi, Sulit untuk menentukan peringkat kata kunci dengan jumlah pencarian tinggi. Apalagi kata kunci bernuansa bisnis.

Kesulitannya ada dua, satu menentukan kata kunci yang paling menguntungkan untuk bisnis Anda, dan dua lagi memiliki pengetahuan untuk memindahkan Anda ke peringkat Halaman 1.

Saya merekomendasikan Anda untuk melakukan riset kata kunci. Tulisan di blog Tribble Agency tentang “cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah” ini, mungkin cocok untuk Anda.

7. Situs web Anda telah dihapus dari Google

Google dapat secara sementara atau permanen menghapus situs dari indeks dan hasil pencariannya jika diyakini melanggar aturan Google web master.

Khususnya, jika situs tidak memenuhi pedoman kualitas Google, atau karena alasan lain, seperti jika situs tersebut mengurangi kemampuan pengguna untuk menemukan informasi yang relevan.

Berikut ini beberapa cara Google dapat menghapus situs Anda dari hasil penelusuran:

  • Deindexed – Saat domain Anda benar-benar dihapus dari Google. Juga dikenal sebagai Banned.
  • Sanksi – Jika domain atau halaman Anda masih ada tetapi tidak ada halaman Anda yang dapat ditemukan melalui kueri penelusuran yang sangat langsung. Hukuman ini dapat dilakukan secara otomatis melalui algoritma Google atau diterapkan secara manual oleh Insinyur Kualitas Google.
  • Sandbox – Domain atau halaman Anda tidak Diindeks atau Dihukum, tetapi lalu lintas yang Anda dapatkan dari Google tiba-tiba turun drastis.

Jika situs Anda diblokir dari indeks Google karena melanggar pedoman kualitas, Google dapat memberi tahu Anda tentang hal ini melalui Search Console .

Jika Anda menerima pemberitahuan bahwa situs Anda melanggar pedoman kualitas, Anda dapat memperbaiki situs Anda. Sehingga memenuhi pedoman tersebut, kemudian kirimkan situs Anda untuk dipertimbangkan kembali.

Faktor ini mungkin bisa menjadi penyebab; kenapa website tidak muncul di Google 

Cara Membuat website Muncul di Google

Anda ingin situs web Anda mendapat peringkat di halaman pertama (yang biasanya memiliki 10 daftar situs web). Bergantung pada bisnis Anda, Anda perlu menggunakan pengoptimalan mesin telusur dan strategi SEO untuk meningkatkan peringkat Anda.

1. Lakukan audit SEO secara menyeluruh

Untuk memastikan kesuksesan yang lebih besar di masa depan, sekarang saatnya melakukan audit SEO terhadap situs Anda. 

Hal utama yang perlu Anda dapat gambaran yang jelas, adalah tentang tentang posisi Anda sehubungan dengan:

  • SEO on Page
  • Optimasi Off Page
  • Pemilihan kata kunci

Dan itu baru permulaan. Karena Anda harus meyakinkan Google bahwa situs Anda layak mendapat peringkat dan menggeser situs yang ada sebelumnya.

Itu artinya, situs Anda harus memberi alasan; bahwa situs Anda memiliki konten berkualitas dan lebih baik dari yang telah mendapat peringkat sebelumnya.

2. Tambahkan kata kunci ke konten situs web Anda

Kata kunci  dapat berupa satu kata atau frasa pendek, biasanya, hingga empat atau lima kata. Ini haruslah istilah yang relevan dengan situs Anda dan yang kemungkinan besar akan digunakan orang ketika mereka menelusuri Google.

Jelas mereka harus relevan dengan tentang apa situs Anda.

3. Gunakan meta-tag untuk menambahkan lebih banyak kata kunci

Meta-tag adalah kode tersembunyi – pengunjung situs web Anda tidak melihatnya, tetapi “bot” mesin telusur Google yang memindai situs Anda dengan membaca kode tersebut.

Anda dapat menambahkan sendiri meta-tag ini ke situs Anda jika Anda memiliki program desain web atau jika Anda tahu cara melakukan pengkodean HTML.

4. Temukan kata kunci yang tidak terlalu kompetitif

Kami menyarankan Anda menggunakan Perencana Kata Kunci gratis dari Google untuk mencari tahu.

Alat penelitian kata kunci ini memungkinkan Anda mengukur popularitas istilah pencarian tertentu, serta tingkat persaingan yang Anda hadapi dengan menggunakannya.

Kata kunci yang sangat kompetitif dapat membuat puluhan ribu situs web memperebutkannya, jadi Anda cenderung tidak akan berakhir di halaman pertama Google jika memilih ini.

5. Cari backlink

Halaman web harus memiliki backlink; Faktor besar bagi mesin telusur adalah backlink organik yang berkualitas. Itu yang dicari mesin pencari.

Jika Anda mendapat beberapa situs web yang menautkan kembali ke situs web Anda, Google memberikan kredibilitas dan peringkat pencarian yang lebih tinggi kepada halaman Anda.

Secara alami, mendapat backlink itu cukup sulit. Anda mungkin perlu sedikit belajar cara membuat backlink yang berkualitas.

Bagi beberapa pelaku bisnis yang membutuhkan kecepatan, mereka akan menggunakan para SEO Expert yang menawarkan layanan Jasa Backlink. Namun, jika Anda masih pemula dan tidak memiliki cukup dana untuk berinvestasi dalam link building, Anda dapat melakukannya sendiri.

Berikut beberapa sumber backlink yang dapat Anda jadikan tempat pembuatan backlink;

6. Buat listingan untuk situs Anda di Google Bisnisku

Tip ini cocok untuk banyak pelaku bisnis UMKM dengan lokasi fisik.

Google Bisnisku menautkan situs Anda ke daftar peta, jadi ketika orang mencari bisnis Anda atau menelusuri menggunakan kata kunci yang ditautkan ke bisnis Anda, mereka akan menemukan daftar peta Google dan dapat mengklik ke situs web Anda untuk informasi lebih lanjut.

Pelajari pula cara optimasi Google map untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari.

7. Miliki konten yang relevan dengan bisnis Anda

Nah.. ini adalah bagian paling penting!

Gunakan artikel atau materi lain yang khusus untuk produk dan layanan yang Anda sediakan. 

Algoritme Google memberi peringkat situs dengan konten asli dan relevan lebih tinggi daripada situs dengan konten berulang di tempat lain.

Pastikan Anda secara berkala membuat konten yang berkualitas tinggi. Google dan calon pelanggan Anda akan suka itu.

Tip bonus: Pemeliharaan SEO

Setelah Anda mengoptimalkan situs web Anda untuk mencapai halaman pertama Google yang penting, Anda tidak dapat berhenti, SEO selalu perlu dikelola.

Segera setelah Anda naik ke peringkat halaman satu, pesaing Anda akan mengejar Anda dengan strategi SEO mereka sendiri, berusaha menjatuhkan Anda dari atas. Seperti, bagaimana Anda berupaya menjatuhkan kompetitor Anda saat ini mendapat peringkat.

Atau pelanggan mungkin mulai menelusuri dengan kata kunci yang berbeda.

Intinya: Situs web Anda akan membutuhkan tinjauan SEO berkelanjutan untuk mempertahankan peringkat mesin pencari Anda.

Kesimpulan

Sangat penting bagi pemilik bisnis, baik menggunakanWordPress, Squarespace, atau situs Wix, untuk mempelajari tentang SEO. Memahami strategi SEO yang baik, akan menjawab pertanyaan mengapa website tidak muncul di Google. Lebih dari itu, ini juga dapat mendorong situs Anda untuk mendapat peringkat terbaik di mesin pencari.

Aurarico
Saya Aura Rico, penulis yang bekerja di salah satu agency SEO di Jakarta Selatan